Downgrade Windows 10 Tanpa Menghapus File Dan Aplikasi

Downgrade Windows dibutuhkan disaat pengguna tidak mendapatkan performa yang optimal dalam penggunaan komputer sehari-hari.Banyaknya aplikasi terinstal,ruang hardisk yang penuh atau memang komputer tidak memenuhi system requirements yang sudah ditentukan.

Windows 10 sistim operasi terbaru yang diklaim akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan kompatible dengan semua perangkat.Tapi banyaknya fitur dan aplikasi bawaan membuat windows 10 terasa berat digunakan, terutama bagi komputer yang memiliki spesifikasi pas-pasan.

Di awal rilis banyak pengguna mencoba semua versi windows 10 yang tersedia,untuk mengetahui fitur-fitur dan kelebihan dari sistim operasi ini.Karena spesifikasi komputer terbatas,membuat tidak semua pengguna mendapatkan kinerja optimal dalam penggunaan aplikasi atau melakukan aktifitas lainnya.Sehingga banyak yang memutuskan untuk Downgrade Windows ke versi yang lebih rendah,untuk kinerja lebih baik dan kenyamanan dalam beraktifitas.

Downgrade Windows dengan cara instal ulang atau clean instal sudah biasa dilakukan,cara ini akan menghapus aplikasi yang sudah terinstal sebelumnya.Semua aplikasi yang dibutuhkan perlu diinstal lagi agar dapat digunakan seperti semula,tentunya akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca Juga :

Downgrade Windows 10 dengan cara mudah dan aman

Namun anda jangan khawatir,karena pada windows 10 dapat dilakukan Downgrade Windows tanpa menghapus file dan aplikasi yang ada.lebih cepat,hemat waktu tanpa perlu khawatir file dan aplikasi yang dibutuhkan akan hilang setelah instalasi.Jika anda belum mengetahui cara melakukan downgrade windows 10,silakan ikuti langkah tutorial berikut yang dilengkapi gambar untuk lebih mudah dipahami.

  • Pastikan partisi C mempunyai ruang kosong 30Gb atau lebih,proses ini nantinya akan menciptakan folder windows old,yang berukuran besar antara 25Gb-30Gb.File ini merupakan backupan yang berisi file windows sebelumnya,yang bisa dipulihkan jika terjadi masalah atau ingin dikembalikan.Setelah downgrade selesai,disarankan untuk menghapus folder windows old yang banyak menggunakan ruang disk.Jika anda belum mengetahui cara menghapusnya,silakan baca artikel Cara menghapus folder windows old.
  • Sediakan file ISO windows 10 versi terbaru,jika belum punya silakan download pada situs resmi microsoft.
  • Buka run ketikan regedit untuk mengakses registry editor ( tekan windows + R ketikan regedit dan enter ).
  • Buka HKEY_Local Machine>Software>Microsoft>Windows NT>CurrentVersion ,double click EditionID ganti volue data dengan Core.Lanjutkan mengedit volue data  ProductName windows 10 Professional / enterprise dengan Windows 10 Home.

 

  • Buka HKEY_Local Machine>Software>Wow6432Node>Microsoft>WindowsNT>CurrentVersion. Kemudian edit juga  EditionID dan ProductName dengan cara diatas,kemudian tutup registry editornya.

 

  • Double click atau mount file iso yang sudah disediakan,akan muncul file hasil estrak windows.Jalankan setup yang ada pada file dan biarkan proses berjalan,selanjutnya pilih not righ now dan next.

Cara Downgrade Windows 02

  • Selanjutnya anda akan diminta menyetujui perjanjian license,pilih Accept dan lanjutkan.

Cara Downgrade Windows

Tutorial Downgrade Windows 10 Tanpa Kehilangan Aplikasi

  • Pada gambar dibawah kelihatan instalasi windows siap dilakukan,secara default kedua pilihan akan tercentang.Jika belum pastikan kedua pilihan tercentang,agar file dan aplikasi tidak dihapus nantinya. Kemudian lanjutkan dengan mengklik instal dan biarkan proses berjalan sampai windows restart sendiri.Sampai disini proses Downgrade Windows 10 sudah selesai dilakukan, biasanya akan memakan waktu sekitar 15 menit.

Cara Downgrade Windows dengan mudah

Downgrade Windows merupakan salah satu solusi ketika komputer yang digunakan tidak bekerja maksimal ,meskipun spesifikasi komputer lebih menentukan.Setidaknya dapat mengurangi beban komputer,karena memang semakin tinggi versi windows yang digunakan akan banyak fitur dan aplikasi yang menyertainya.

Downgrade dengan cara mengikuti tutorial diatas sangat mudah untuk dilakukan,prosesnya jauh lebih cepat dibandingkan instal ulang atau clean instal.Akan tetapi disarankan jika komputer anda sebelumnya terinfeksi virus,instal ulang merupakan pilihan yang lebih baik agar virus dapat dihilangkan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.